social media logo facebook icon icons.com 59059     social media logo twitter icon icons.com 59061     social media logo instagram icon icons.com 59062     social media logo google icon icons.com 59074     social media logo utube icon icons.com 59063

RSSocial!

Screening Kesehatan Bagi Andikpas, Upaya Deteksi Dini LPKA Lombok Tengah

246942090 415750759989921 7437751297453363865 n
Salah satu hak Anak didik pemasyarakatan (Andikpas) adalah mendapatkan perawatan serta pelayanan kesehatan. Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LKPA) Loteng berkerjasama dengan dinas kesehatan Lombok tengah mengadakan kegiatan deteksi dini HIV/AIDS, TB, sifilis, dan screening PTM (Penyakit Tidak Menular), di LPKA Loteng Kanwil Kemenkumham NTB, Kamis (21/10/2021) pagi.
Kepala Seksi Pengawasan dan Penegakan Disiplin (PPD) LPKA Loteng, Puska Apriyanto mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 42 andikpas. Kegiatan merupakan agenda rutin dari Dinas Kesehatan Lombok Tengah dan kami menyambut baik, sehingga dari kegiatan ini jika ada Andikpas yang terinfeksi penyakit bisa ditemukan sejak dini sehingga dapat segera diobati..
"Karena seperti penyakit HIV/AIDS, TB dan sifilis ini untuk gejala yang timbul di anak-anak berbeda dengan orang dewasa, jadi kita sangat berterima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Loteng karena kegiatan ini juga sebagai deteksi dini kita kalau seandainya ada Andikpas yang terinfeksi segera kita tangani, tapi kami berharap tidak ada yang terinfeksi dan semua Andikpas dalam keadaan sehat," ungkap Puska. Ia menambahkan, pemeriksaan deteksi dini pada kelompok orang berisiko salah satunya Andikpas untuk penyakit HIV-AIDS TB, sifilis, maupun PTM (Penyakit Tidak Menular) bisa menjadi salah satu kunci utama untuk mengurangi penyebaran infeksi virus ini.
"Selain itu, dengan mengetahui status penyakit sejak dini, keberhasilan pengobatan dan langkah pencegahan penyakit pun bisa menjadi lebih efektif," sambungnya.
Sementara itu, salah satu petugas dari Dinas Kesehatan Lombok Tengah, H. Sahnan menjelaskan, untuk tahapan pemeriksaan yang kami lakukan di LPKA Loteng, terlebih dahulu dilakukan screening Penyakit Tidak Menular, kemudian pemeriksaan berat dan tinggi badan, lalu tekanan darah, gula darah dan riwayat penyakit para Andikpas.
"Selanjutnya screening penyakit menular seperti HIV/AIDS, Sifilis dan TB, dan berikutnya dilakukan pemeriksaan akhir diambil sampel daerah, lalu ditunggu selama 15 menit untuk mengetahui hasilnya," tutupnya.
 
Herri Jufrianto
 

Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Lombok Tengah merupakan hasil alih fungsi bangunan Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Mataram yang terletak di Jl. Tojong-Ojong Ds. Selebung Kec. Batukliang Kab. Lombok Tengah - Kodepos 83352.. Menempati areal seluas 10.361 m2 dan luas bangunan 1999 m2.  

email :lapasanakmataram@yahoo.com

 

Sampaikan kritik dan saran yang membangun kepada kami agar dapat memberikan pelayanan yang jauh lebih baik lagi

(*)
Masukan nama lengkap anda

(*)
Email yang anda masukan salah.

(*)
Ketik pesan, masukan dan kritik anda.

Hari iniHari ini1
KemarinKemarin1
MingguanMingguan1
BulananBulanan6
Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas II Lombok Tengah
Copyright © 2021 Pusdatin - Kemenkumham RI